Bercinta Pada Saat Menstruasi

0
12

bercinta-saat-menstruasi

Bercinta pada saat menstruasi  – Sebagian orang pasti merasa tidak nyaman dan risih jika melakukan hubungan intim pada saat menstruasi. Ditinjau dari segi agama maupun segi kesehatan hal tersebut sangat tidak dianjurkan, tetapi adapula sebagian kalangan yang memperbolehkan aktivitas ini.

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan apabila ingin bercinta pada saat menstruasi :

  • Gunakan alat kontrasepsi atau kondom saat melakukan hubungan intim, supaya tidak terjadi kontak langsung diantara alat kelamin. Hal ini bertujuan untuk menghindari penularan penyakit kelamin.
  • Bercinta pada saat menstruasi sebaiknya dilakukan dalam posisi misionaris (pria diatas, wanita dibawah). Berhati-hatilah jika melakukan penetrasi, jika penetrasi terlalu dalam dapat menimbulkan rasa nyeri di vagina.
  • Dapat dilakukan sambil mandi supaya darah tidak belepotan dan hanyut bersama air
  • Bercinta saat menstruasi tidak harus melakukan penetrasi ke vagina, bisa melakukan oral seks kepada pasangan Anda. Oral seks juga dapat mencegah penularan kuman atau penyakit kelamin karena tidak terjadi kontak langsung antara alat kelamin.

Sudah disinggung diatas bahwa bercinta pada saat menstruasi ada sisi positif dan negatifnya. Berikut manfaat dan bahaya yang dapat ditimbulkan akibat aktivitas tersebut :

Manfaat Bercinta Pada Saat Menstruasi

Hubungan seks dapat melepaskan hormon bernama endorfin yang membuat orang yang melakukan merasa nyaman, perasaan sepresi, kecemasan dan kemarahan yang biasa dialami wanita saat haid juga akan hilang. Hormon ini juga mampu mengurangi nyeri dan kram saat mens atau haid.

Perlu diketahui bahwa pada saat menstruasi wanita akan lebih bergairah dan menikmati kegiatan seksnya, karena pada saat itu hormon seks sedang memuncak. Selain itu juga dapat meminimalkan resiko kehamilan.

Bahaya Bercinta Pada Saat Menstruasi

Salah satu resiko bercinta pada saat menstruasi yaitu terjadinya infeksi karena sisa-sisa endometrium atau darah kotor yang bisa masuk kedalam tubuh sehingga dapat menyebabkan infeksi. Selain itu darah yang keluar saat menstruasi bisa menjadi media yang baik untuk menularkan penyakit infeksi.

Bahaya lainnya adalah timbulnya penyakit Endometriosis, yaitu penyakit yang terjadi akibat sisa-sisa peluruhan endometrium di bagian tubuh yang tidak seharusnya seperti di bagian indung telur, saluran telur, usus dan bagian lainnya. Darah kotor yang seharusnya keluar justru terdorong kembali masuk kebagian perut dan kerangka panggul serta dikemungkinan bisa masuk melalui pembuluh darah yang terbuka.

Demikian penjelasan tentang bercinta pada saat menstruasi, Dengan mengatahui dampak yang ditimbulkan, baik dampak yang positif maupun dampak negatif diharapkan Anda mempunyai pilihan yang tepat jika ingin melakukannya. Semoga artikelnya bermanfaat dan lebih membuka wawasan dan pengetahuan Anda. Boleh di share jika dirasa bermanfaat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here