Jenis-Jenis Disfungsi Ereksi Pada Pria

0
14

jenis-jenis-disfungsi-ereksi

Disfungsi ereksi merupakan gangguan seksual yang dialami oleh pria. Gejalanya penis tidak bisa ereksi dengan maksimal/keras walaupun sudah dirangsang cukup lama. Gangguan ereksi ini bisa dibagi menjadi 3 jenis yaitu disfungsi ereksi ringan, disfungsi ereksi sedang, dan disfungsi ereksi berat.

Untuk lebih jelas tentang ketiga jenis disfungsi ereksi tersebut, kami akan ulas satu per satu jenis-jenis disfungsi ereksi yang dialami pria tersebut.

1. Disfungsi Ereksi Ringan

Disfungsi ereksi ringan ditandai dengan ereksi yang terjadi tidak terus menerus. Misalnya pada saat dirangsang akan keras, tapi tiba-tiba lemas dan perlu dirangsang lagi. Jika mengalami ereksi yang seperti ini harus segera diobati, supaya kondisinya tidak semakin parah.

Seseorang bisa disebut mengalami disfungsi ereksi ringan apabila sesekali mengalami gagal ereksi, tapi dalam beberapa waktu bisa ereksi secara normal sampai selesai berhubungan intim. Berikut akan kami berikan contoh kasus disfungsi ereksi ringan

Ereksi tidak terjadi saat bercumbu / dirangsang

Pada saat bercumbu kadang gairah seks kurang atau saat tidak mood. Walaupun sudah dirangsang oleh pasangan tapi karena tidak ada keinginan penis tidak bisa ereksi.

Penis lembek dalam vagina

Selama foreplay ereksi bisa terjadi secara normal sampai melakukan penetrasi, tapi ditengah-tengah permainan tiba-tiba ereksinya melemah dan harus dicabut dari dalam vagina, kemudian dirangsang lagi supaya bisa ereksi. Intinya ereksi tidak bisa konstan terus menerus.

Ereksi keras saat masturbasi tapi lembek saat berhubungan seks

Ini umumnya terjadi pada pria yang belum berpengalaman dalam urusan seks dan ingin tampil perkasa didepan pasangannya. Pria yang gagal ereksi saat malam pertama akan membekas dalam ingatannya dan akan menyebabkan kecemasan yang bisa pengaruh di malam berikutnya.

2. Disfungsi Ereksi Sedang

Disfungsi ereksi sedang lebih umum disebabkan oleh faktor psikis. Contoh kasusnya adalah istri yang sering marah dan curiga pada suaminya. Pulang kantor telat sudah dicurigai macam-macam sehingga sang suamiĀ  kesal karena tekanan dari istri.

Suasana hati yang tidak enak ini akan menghambat libido naik. Jadi walaupun ada keinginan untuk bercinta tapi pikirannya tidak nyaman maka akan pengaruh sama ereksinya.

3. Disfungsi Ereksi Berat

Yang masuk dalam jenis disfungsi ereksi berat adalah gangguan disfungsi ereksi yang disebabkan oleh beberapa penyakit tertentu atau pengaruh dari obat-obatan. Berikut ini beberapa ciri disfungsi ereksi berat yang perlu diketahui.

  1. Pada saat foreplay tidak terjadi ereksi sampai melakukan penetrasi. Beberapa pasangan ada yang memaksakan penetrasi dengan harapan ereksi akan terjadi didalam vagina namun tetap gagal ereksi.
  2. Sudah tidak pernah merasakan ereksi malam dan pagi hari. Normalnya pria akan mengalami ereksi saat pagi hari.
  3. Gagal ereksi saat masturbasi, seharusnya penis akan mengalami ereksi saat mendapat sentuhan atau rangsangan. Jisa tidak ereksi setelah mendapan rangsangan dan sudah terjadi selama 6 bulan segera periksakan ke dokter.
  4. Penderita disfungsi ereksi berat biasanya merasa penisnya semakin mengecil dan mengerut yang membuat perasaan semakin terbebani.

Nah, pada saat mengalami disfungsi ereksi berat maka gangguan seksual ini semakin sulit disembuhkan. Seharusnya diperiksakan sejak mengalami disfungsi ereksi ringan. Sama seperti penyakit, semakin berat penyakitnya pasti akan semakin sulit untuk menyembuhkannya.

Pada kasus disfungsi ereksi berat biasanya bersamaan dengan timbulnya penyakit lain yang berhubungan dengan peredaran darah, sistem syaraf dan hormon seperti diabetes, darah tinggi dan gangguan tulang belakang. Kondisi ini akan jadi semakin runyam apabila ada konflik rumah tangga sehingga hubungan jadi kurang harmonis.

Dari ketiga jenis disfungsi ereksi yang sudah dijelaskan diatas sebaiknya dilakukan penanganan secara serius sejak menderita disfungsi ereksi ringan, sehingga gangguan tersebut tidak menjadi semakin berat dan sulit untuk disembuhkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here