Jenis-jenis Keputihan Pada Wanita

0
77

Keputihan atau fluor albus merupakan penyakit yang banyak diderita oleh kaum wanita yang ditandai dengan keluarnya cairan dari dalam vagina. Jenis-jenis keputihan pada wanita dibagi menjadi dua yaiutu keputihan normal dan keputihan abnormal.

Untuk pengobatannya ini sangat tergantung dari jenis keputihan yang sedang diderita, apakah keputihan normal atau keputihan abnormal. Oleh karena itu wanita yang sedang mengalami masalah keputihan ini harus paham dan tahu seperti apa ciri-ciri keputihan yang dideritanya.

jenis-keputihan-pada-wanita

Untuk ciri-ciri keputihan normal diantaranya, lendir berwarna keputihan, tidak menyebabkan gatal, tidak berbau. Sedangkan untuk cici-ciri keputihan abnormal antara lain : cairan berwarna kecoklatan, kuning atau kehijauan, menyebabkan gatal, dan mengeluarkan bau yang tidak sedap

Berikut ini kondisi dimana wanita mengalami jenis keputihan normal :

  • Pada saat melahirkan
  • Saat mendapat haid pertama kali
  • Menjelang haid
  • Alergi dengan kondom
  • Gangguan kejiwaan / stres
  • Radang leher rahim
  • Saat mendapat rangsangan seksual

Jenis yang kedua adalah keputihan abnormal yaitu keputihan yang disebabkan oleh kuman, parasit, dan jamur. Jika dibiarkan keputihan jenis ini akan bertambah parah dan bisa menular ke pasangan seks.

Penularan bisa terjadi karena cairan keputihan yang mengandung kuman dan jamur akan berpindah ke alat kelamin pria saat melakukan hubungan seks. Jenis kuman yang bisa menyebabkan keputihan adalah haemophilus, vaginalis, staphylococcus, escherichia coli, diptheroids.

Kuman dan parasit keputihan tersebar di bebas dan bisa menjangkiti wanita dengan gaya hidup yang tidak sehat, air yang dipakai untuk cebok tidak bersih, atau karena tertular dari toilet umum.

Keputihan yang disebabkan oleh jamur memiliki karakteristik berwarna putih susu, terasa sangat gatal, dan terkadang muncul luka di bibir vagina karena garukan. Tidak jarang gatal juga merembet ke bagian selangkangan, lipatan perut, dan lipatan dibawah payudara.

Jamur penyebab keputihan sangat mudah menyebar kebagian tubuh lain, oleh sebab itu setelah menggaruk yang keputihan langsung cuci tangan pakai antiseptik supaya tidak menyebar kebagian tubuh lain.

Demikian penjelasan singkat tentang jenis-jenis keputihan yang diderita kaum wanita. Kenali ciri-ciri nya dan segera ambil tindakan pengobatan jika saat ini Anda mengalami keputihan jenis abnormal supaya tidak semakin parah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here