Pengertian Ejakulasi DIni

0
15

ejakulasi-dini-adalah

Sebelum membahas tentang ejakulasi dini, ada baiknya mengupas terlebih dahulu tentang apa itu ejakulasi. Ejakulasi adalah keadaan dimana seorang pria mengalami ejakulasi terlalu cepat ditandai dengan keluarnya cairan sperma dari penis. selain itu juga disertai dengan keadaan tubuh yang merasakan puncak kenikmatan atau disebut orgasme.

Ejakulasi terjadi karena adalanya rangsangan atau stimulasi pada organ-organ sensitif tubuh. Stimulasi ini menyebabkan aliran darah dalam tubuh banyak mengalir ke penis, darah yang mengalir dan memenuhi rongga di dalam penism akibatnya penis akan menegang atau disebut ereksi.

Pengertian Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini adalah suatu kondisi dimana seseorang tidak mampu menahan ejakulasinya, bahkan kehilangankendali untuk mencapai klimaks bersama dengan pasangannya. Ejakulasi tidak bisa dikendalikan dalam waktu tertentu dan terjadi dalam tempo yang relatif cepat.

Definisi umum tentang ejakulasi dini adalah bila seorang pria sudal mengalami ejakulasi dengan mengeluarkan sperma sebelum dua menit. Intinya ejakulasi dini berarti seorang pria tidak dapat mengendalikan keluarnya sperma sehingga tidak dapat membuat pasangannya mencapai klimaks dalam berhubungan intim.

Tingkatan atau Level Ejakulasi Dini

Secara umum ejakulasi dini dibagi menjadi tiga tingkatan dilihat dari keparahannya, yaitu ejakulasi dini ringan, ejakulasi sedang, dan ejakulasi tingkat berat. Lebih detail dapat diterangkan secara ringkas sebagai berikut :

1. Ejakulasi Tingkat Ringan : yaitu bila ejakulasi terjadi setelah beberapa kali gesekan yang singkat, dibawah 2 menit.

2. Ejakulasi Tingkat Sedang : yaitu ejakulasi yang terjadi sesaat penis masuk ke liang vagina dan hanya beberapa kali gesekan.

3. Ejakulasi Dini Tingkat Berat : yaitu ejakulasi yang terjadi ketika penis baru menyentuh alat kelamin wanita atau bahkan belum menyentuhnya.

Keadaan seperti ini tentu tidak akan bisa memuaskan pasangannya, untuk itu perlu penanganan lebih lanjut. dengan mengetahui gejala dan penyebab ejakulasi dini tentu kita akan lebih mudah untuk mengatasinya.

Penyebab Ejakulasi Dini

Ejakulasi Dini disebabkan oleh dua faktor, yaitu faktor fisik dan faktor psikologis.
Beberapa hal yang bersifat fisik dapat menyebabkan terjadinya ejakulasi dini, diantaranya perubahan pada kelenjar prostat, penyakit diabetes, gangguan pada syaraf dan karena kegagalan dalam mengendalikan ejakulasi

Selain faktor fisik, faktor psikologis juga menjadi terjadinya ejakulasi dini. Misalnya, pasangan wanita sedang menderita sakit, tekanan kerja yang berat, masalah keluarga, orientasi seksual yang salah, kurang pengalaman dalam seks, suasana tempat melakukan seks yang kurang mendukung, kecemasan, perasaan takut gagal, dan fantasi seks yang berlebihan.

Tekanan inilah yang justru membuat orgasme terjadi lebih awal. Pasangan wanita yang terlalu bersemangat juga bisa menyebabkan pria mengalami ejakulasi yang lebih cepat.

Dengan mengetahui tentang ejakulasi dini dan faktor-faktor apa saja yang dapat menyebabkan ejakulasi dini tentunya akan lebih mudah dalam mengambil langkah selanjutnya untuk mengatasinya. Bagi Anda yang sedang mengalami ejakulasi dini dan sedang mencari solusi mengatasinya silahkan baca di artikel sebelumnya, Cara Mengatasi Ejakulasi Dini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here