Penyebab Ejakulasi Dini Pada Pria

0
59

Sebenarnya ejakulasi dini adalah masalah seksual yang diderita oleh pria, namun pengaruh terbesarnya dirasakan wanita sebagai pasangannya. Untuk mengatasinya harus diketahui terlebih dahulu apa penyebab ejakulasi dini yang dialami.

penyebab-ejakulasi-dini

Ejakulasi dini adalah keluhan wanita nomor satu terhadap pasangannya. Seorang wanita membutuhkan waktu yang lebih lama dalam mencapai orgasme dibanding pria. Jika prianya mengalami ejakulasi dini atau terlalu cepat maka pasangan wanita pasti tidak akan terpuaskan.

Menurut penelitian ada banyak hal yang mempengaruhi seorang pria mengalami ejakulasi dini. Tetapi penyebab umumnya dapat digolongkan menjadi dua faktor utama, yaitu faktor fisik dan faktor psikis.

Penyebab Ejakulasi Dini Secara Fisik

Ada beberapa hal yang bersifat fisik penyebab ejakulasi dini pada pria, antara lain adanya penyakit seperti diabetes, perubahan kelenjar prostat, dan gangguan pada syaraf dan karena kegagalan mengontrol titik ejakulasi.

Gangguan sisten saraf

Adanya gangguan sistem saraf pada wilayah sekitar alat kelamin juga bisa menyebabkan ejakulasi dini. Sistem saraf ini berhubungan dengan kepekaan dalam menanggapi rangsangan akibat bersentukan dengan kelamin wanita.

Nah, pada saat alat kelamin pria terlalu sensitif maka pria tersebut akan lebih cepat mengalami ejakulasi. Dalam hal ini penyebabnya karena sistem saraf yang terlalu sensitif/responsif.

Selain itu, gangguan sistem saraf pada seluruh kulit tubuh pria juga berpengaruh pada sejumlah kasus ejakulasi dini. Misalnya setelah mengalami kecelakaan seorang pria mengalami gangguan saraf menjadi lebih mudah terangsang, akibatnya pria tersebut lebih sering ejakulasi tanpa ia kehendaki.

Berkurangnya produksi serotonin

Serotonin adalah zat yang dihasilkan otak yang berfungsi untuk mengatur proses ejakulasi. Kekurangan serotonin secara berlebihan dapat memicu perubahan dopamin/norepinefrin menjadi adrenalin (epinefrin) pada mode simpatis tubuh. Yang menyebabkan terjadinya perubahan suasana hati, kecemasan, stres, hipertensi, dan kelelahan.

Namun, seorang pria masih bisa menyiasati berkurangnya serotonin ini dengan menjalani pola hidup sehat dan menghindari kebiasaan-kebiasaan buruk

Faktor Psikis Penyebab Ejakulasi Dini

Selain faktor fisik, faktor non fisik juga memberikan efek dalam terjadinya ejakulasi dini pada pria. Misalnya, tekanan kerja dikantor, masalah keluarga yang belum selesai, suasana ruangan/kamar kurang mendukung, kecemasan, perasaan takut gagal, ataupun karena fantasi seks yang terlalu berlebihan.

Tekanan dari dalam inilah yang akan menjadikan pria mengcapai orgasme lebih awal. Berikut ini beberapa jenis penyebab non fisik yang perlu Anda ketahui.

Penyebab ejakulasi dini yang utama adalah rangsangan seksual yang berlebih

Faktor penyebab ejakulasi dini secara psikis adalah adanya rangsangan yang berlebihan, ini biasanya dialami oleh pasangan muda yang baru menikah. Gairah pria muda biasanya meledak-ledak ketika pertama kali aktif melakukan hubungan seksual.

Namun seiring dengan bertambahnya waktu mereka akan semakin matang dalam menjalani kehidupan seksual sehingga bisa mengontrol rangsangan dan bisa melakukan hubungan seks lebih lama dari biasanya. Tetapi ini membutuhkan waktu dan harus dilatih berulang-ulang.

Faktor psikologis

Penyebab selanjutnya adalah faktor psikologis atau kejiwaan. Pikiran yang cemas, gelisah, stres yang berlebihan jika dibawa keatas ranjang bisa membuat pria kehilangan konsentrasi. Pikiran yang terbawa ke masalah lain diluar hubungan seksual bisa menyebabkan pria ingin segera menyudahi kegiatan seksualnya sehingga menjadi penyebab ejakulasi dini.

Selain itu, pada saat sedang sres atau cemas jantung akan memompa darah lebih banyak ke seluruh bagian tubuh, tidak terkecuali penis. Detak jantung yang meningkat dan aliran darah yang deras akan merangsang kinerja seksual pria dan akan menyebabkan lepat klimaks/orgasme.

Terlalu sering masturbasi

Masturbasi akan menyebabkan tubuh terbiasa dalam keadaan simpatis, sebuah keadaan tubuh yang bekerja ketika terjadi ejakulasi. Ejakulasi yang terlalu sering akan membuat prostat memiliki reflek ejakulasi.

Terlalu sering masturbasi menyebabkan terjadinya perubahan kimiawi didalam tubuh. Selain itu juga akan menstimulasi sistem saraf parasimpatis dan menyebabkan tubuh memproduksi hormon seks. Sehingga bisa dikatakan masturbasi terlalu sering akan menyebabkan ejakulasi pada pria.

Demikian artikel tentang penyebab ejakulasi dini pada pria. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here